Palet Kayu Sebagai Alat Bantu Forklift

Palet Kayu Sebagai Alat Bantu Forklift

Palet kayu

Palet kayu pasti dengan berbahan kayu merupakan salah satu kebutuhan pokok sebuah industri, hal ini adalah salah satu produk yang bisa di aplikasikan untuk sub pekerjaan dalam industri yaitu divisi packing ataupun warehouse.

Sebagai contoh misal perhitungan tenaga kerja dalam hal bongkar muat komoditi suatu perusahaan dengan tenaga manusia(kuli panggul) akan menghabiskan biaya yang mana dinamikanya tidak bisa diambil sebagai nilai tolak ukur, mengingat faktor yang mempengaruhinya sangat banyak, baik waktu tempo pekerjaan maupun pembengkakan anggaran dari kecelakaan kerja.

Melihat fakta-fakta yang ada dilapangan salah satu solusi untuk menekan biaya tersebut adalah dengan alat penunjang yaitu palet kayu sebagai alat bantu forklift dalam mengambil suatu barang.

Anda mau memesan palet, atau sekedar konsultasi segeralah hubungi kami.


Kami akan jabarkan sedikit disini tentang palet kayu, karena di halaman lain sudah sangat banyak kami jelaskan, baik harga, ukuran, jenis palet, maupun kualitas palet kayu. Khusus untuk halaman ini kami hanya akan menjelaskan tentang palet dilihat dari sudut pandang anda para pemakai palet kayu. Ini sangat penting karena jangan Sampek anda para staff officer purchasing kemudian salah dalam memilih palet ini, akan sangat fatal akibatnya, so baca dulu ya guys Sampek habis baru beli palet

Palet kayu 2way entry

Palet ini disebut 2way entry karena jalan untuk garpu forklift dalam mengangkat barang hanya ada 2 sisi, depan sama belakang. Ini akan sangat menghambat cara kerja forklift jika anda salah mengambil ukuran yang harus dihitung terlebih dahulu dengan sisi lebar peti kemas/container ataupun wings box yang digunakan dalam expedisi nantinya. Ukuran standard container yang saya maksud adalah lebar dari container yaitu total adalah 244cm. Jika anda memiliki barang yang nantinya akan dimuat dengan container maka sudah pasti anda harus menghitung terlebih dahulu ukuran tersebut lalu dibagi berapa palet yang rencana akan digunakan untuk lebar container maka anda akan mendapatkan ukuran palet tersebut. Penghitungan container tersebut adalah ukuran luar container jadi anda harus mengurangi dulu lekuk dinding container baru dibagi jumlah palet rencana anda. Rata2 hanya akan ditempatkan 2 palet untuk lebar container, jadi saran kami berdasar pengalaman range ukuran palet 2way untuk sisi entry forklift adalah 110cm hingga 115cm. Ukuran lebar ini sangat efisien digunakan karena akan pas dilebar container nantinya. Kemudian baru anda tentukan untuk panjang palet yang nanti akan dibagikan dengan ukuran panjang container. Panjang container adalah 606cm untuk 20feet, 1219mm untuk 40feet, dan 1371mm untuk 45feet. Ukuran ini juga masih harus dikurangi dengan lekuk dinding depan container maupun tebal pintu container. Dan menurut pengalaman kami lagi panjang palet kayu yang pas untuk semua ukuran container adalah range antara 115cm hingga 120cm. Ukuran tersebut jika kita gunakan akan sangat efektif didalam container, ini pula bisa digunakan untuk truck wings box.

Namun hati-hati lah setelah ditentukan ukuran, divisi packing harus benar meletakkan barangnya di atas palet. Karena forklift hanya bekerja dari 2sisi saja, depan atau belakang. Jadi jika ada kesalahan penempatan barang diatas palet maka barang tersebut tidak akan bisa cukup msuk ke container.

Kelebihan daripada palet 2way ini adalah karena balok penyanggah beban yang digunakan adalah balok yang full panjang, biasanya menggunakan balok 5×10 atau 6×12 atau sejenisnya, dengan panjang yang menyesuaikan dari design anda, balik penyanggah tersebut akan lebih kokoh karena full. Sebagai gambaran palet kayu dengan menggunakan 3pcs mampu mengangkat beban hingga 1,5 ton secara statis, dan 1ton secara dinamis. Beban statis dan dinamis ini akan kami jelaskan di halaman lain.

Palet kayu 4way entry

Palet kayu 4way entry sesuai dengan namanya palet ini memiliki ciri yaitu bisa digunakan dalam 4 sisi palet sebagai jalan masuk forklift. Kelebihan palet kayu 4way entry akan sangat memudahkan operator forklift dalam melakukan handling barang, terutama disaat barang berada di warehouse maka Operator forklift akan lincah dalam memindah-mindahkan barang untuk di tata Serapi mungkin dan seefisien mungkin.

Palet kayu 4way entry memiliki ciri-ciri yaitu menggunakan balok yang biasa disebut balok pentol atau kadang orang juga menyebut sebagai balok dadu. Dan untuk jumlahnya sendiri untuk ukuran umum palet maka kebanyakan menggunakan 9pcs balok namun tidak menjadi ketetapan jika memang dibutuhkan menggunakan lebih dari 9pcs juga tidak jadi masalah. Bahkan pada dimensi-dimensi tertentu yang ukuran nya sudah relatif besar ada yang menggunakan balok sampai 30 atau bahkan lebih, semua itu tergantung design yang menyesuaikan dengan beban barang yang akan diletakkan diatas palet kayu tersebut.

Jual palet kayu custom

Untuk pemenuhan kebutuhan dalam rangka penyelenggaraan industri di Indonesia kami memfokuskan bidang industri kami yaitu memproduksi palet kayu secara custom sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan, baik secara material maupun ukuran.
Untuk mendapatkan pallet kayu dengan kualitas terbaik, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Anda harus mengguji kualitas pallet kayu sebelum dipakai nantinya. Jika Anda kurang paham tentang jenis-jenis atau kualitas kayu, sebaiknya serahkan pada ahlinya dalam pemilihan pallet kayu ini.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pallet kayu terbaik rekomendasi pemerintah dalam hal ini kementerian perindustrian adalah kemampuan beban maksimal pallet kayu itu sendiri. Umumnya bobot barang atau produk yang akan ditopang oleh pallet kayu itu nantinya akan sangat memengaruhi berapa ketebalan pallet kayu yang harus Anda pilih. Biasanya ketebalan yang dipilih adalah antara 1-3 cm. Di luar itu kerapatan antara papan sekitar 3-10 cm. Untuk membaut pallet kayu lebih kokoh, Anda juga bisa menumpuk beberapa papan kayu sehingga bisa menahan beban extra




Palet kayu murah
Contoh Palet kayu 2Way

Palet kayu simpel
Palet Kayu 4way entry